Aufklarung di kedai kopi

Suatu malam di kedai kopi, seorang teman baik berkata kepadaku, “Kamu terbelenggu oleh bahagia yang kamu ciptakan sehingga kamu sekarang merasa sesedih ini.”

Iya, aku sedang sedih. Sangat sedih. Aku merasa tidak disayang dan tidak dihargai. Tapi aku tak paham kata-kata temanku barusan. Lalu dia berkata, “Kamu selalu ingin disayang, dipuji, didahulukan. Kamu pikir, dengan begitu kamu akan bahagia. Lalu ketika hal-hal di dunia ini tidak sesuai dengan harapanmu, kamu jatuh berkeping-keping. Seperti sekarang. Padahal cara orang berbeda-beda dalam mengungkapkan rasa sayang.”

Air mataku mengalir, tapi tak bersuara apapun. Aku mengamininya diam-diam. Dia meneruskan mengisap rokoknya, sambil sesekali menyeruput kopi dari cangkir. Aku iri karena dia baik-baik saja, sementara aku sedang menyerpih di sini. Aku ingin menjadi dia.

Keesokan harinya, aku bangun dan menghilangkan semua harapanku yang kusematkan didiri orang yang kusayang. Biarlah kalau menurutnya aku yang tidak mengerti dirinya. Keinginanku untuk dimengerti olehnya membuatku semakin jauh darinya. Jauh jarak, jauh juga rasa. Biarlah sakit yang selama ini aku rasa aku pendam sendiri. Biarlah, aku tak lagi menghendaki apapun. Aku siap menerima dan tak menerima apapun. Seperti kata temanku di kedai kopi itu, aku terbelenggu konsepku sendiri. setelah itu, aku merasa tenang.

Tadi, orang yang kusayang itu lagi-lagi berkata bahwa aku tidak dapat mengerti posisinya. Mungkin memang dari kacamatanya aku yang tidak mengerti dirinya, hidupnya. Mungkin dia merasa kata maaf yang aku kirim tidak ada artinya, karena aku sudah sering melontarkan maaf dan dia tetap berkali-kali kecewa. Tapi bagiku, maafku kali ini berbeda karena diiringi oleh kesadaran bahwa aku akan berubah. Aku sudah ikhlaskan semua. Aku hanya berharap aku dan dia bisa bahagia. sudah. cukup.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s