ibu dan cerita-ceritanya .

gw sayang banget ma nyokap gw. dia adalah orang yang ngasih contoh tentang kasih sayang, pengertian, toleransi, penyayang, dll.
ibu gw adalah orang yang tegar, sabar, penuh kasih sayang, cerdas, baik hati, dan pandai bercerita. ibu gw adalah orang yang ngebantu gw memahami apa arti hidup ini dan belajar apa makna dari semua masalah yang timbul.
dari dia juga gw kenal budaya jawa, lagu-lagu rakyat, lagu-lagu yang dulu sama sekali gak gw tau. nyokap gw itu jago nyanyi, suaranya bagus ! dia juga pinter cerita. dulu setiap gw mw tidur, gw selalu diceritain ma nyokap, tapi dia selalu tidur duluan sebelum ceritanya selesai, hhe . jadi gw lebih suka baca buku cerita dari pada dengerin dia cerita.
tapi saat gw udah beranjak remaja, nyokap gw ganti tema ceritanya. dulu dia cerita dongeng k’gw, sekarang dia cerita kehidupannya waktu masih muda, kehidupan keluarganya.
nyokap gw sayang banget ma ayahnya, yang notabene adalah kakek gw. sekarang kakek gw udah meninggal, jadi nyokap gw suka berkaca” matanya waktu cerita soal ayahnya.
keluarga nyokap gw emang bukan dari kalangan kaya, keluarga nyokap gw cuma petani biasa. tapi keluarga nyokap gw juga gak bisa dibilang miskin.
keluarga nyokap gw juga bukan dari keluarga terpelajar. kakek gw bukan sarjana. tapi keluarga nyokap gw juga bukan keluarga yang gak tau sopan santun dan gak beradab.
menurut cerita nyokap gw, kakek gw gak pernah yang namanya ngomongin orang! nenek gw suka diomelin kalo lagi ngegosip. kakek gw suka wayang, tapi dia gak suka ngumpul-ngumpul di acara rakyat jaman dulu, kayak acara campur sari atau ketoprak misalnya, soalnya di acara-acara kayak gitu banyak arena judi dan pada suka ngomongin orang. kalo kakek gw dateng, biasanya pas tengah malem, soalnya orangnya tinggal dikit, sedangkan acara kan masih sampe pagi.
kakek gw adalah orang rapi dan kreatif! (gak kayak gw) dia bikin taman tuh indah. ada yang khusus bunga-bungaan, ada yang ditanemin palawija, dia juga nanem pohon jati di halaman rumahnya. menurut cerita nyokap gw sih, banyak banget jenis tanaman di halamannya. ada mangga, ada melinjo,ada bawang, ada cabe, ada jambu bangkok, ada jagung, tebu, ada macem” lah ! mbah gw juga punya banyak hewan ternak. ada sapi, ayam, kambing, dll .
dia tuh penggila wayang. dia ngikutin ajaran” yang ada didalem cerita, gak maen wanita, gak gila harta, gak boleh judi, dll. dan nyokap gw bener” terpesona sama sosoknya.
dari cerita nyokap gw itulah gw jadi ngerti budaya-budaya jawa.
kakek gw dulu suka nembang, dan nyokap gw suka di ajarin nembang. waktu itu gw minta nyokap gw nembang, eh dia malah nangis. hhe .
cerita nyokap gw suka menginspirasi gw c. gw gak boleh ngomongin orang ! hhe .
waktu gw kecil kakek gw suka bikinin gw ayunan di pohon mangga. gw suka bantuin kakek gw ngupas kedelai, dan gw di kenalin macem-macem uletbulu ama kakek gw (agak aneh emang). jadi gw tau mana ulet bulu yang gatel banget dan mana yang enggak.
nyokap gw dan cerita-ceritanya adalah penghubung gw dengan masa lalu. nyokap gw yang ngajarin sejarah keluarga gw.
paling enggak, suatu saat nanti, kalo gw dah punya anak, gw bisa cerita tentang nyokap gw.
🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s