olimpiade II

hemm, dikarenakan postingan gue yang terdahulu yang berjudul olimpiade . olempiade sering dibaca oleh beberapa teman yang pengen mengetahui ttg soal olimpiade kebumian, dan d’situ g da informasi apa”, makanya sekarang guw ngepost postingan yang bakal berisi sedikit informasi ttg tu olimpiade.

well, olimpiade itu (kalo g salah) bakal d’laksanakan bulan april ini, tapi gue gak tau tanggalnya. hemm, dikarenakan gue mengikuti dengan tidak sepenuh hati, gue gak tau soalnya kaya gmn, tapi yang jelas, susah !
hha .

mau tau kisi-kisinya ?? cari aja d’blognya sidik .

nih, tabel kisi” soal olimpiade kebumian .
Isi Materi IESO
Materi tes tertulis:
– Geologi -Geofisika (Geosfer)
o Konsep tektonik lempeng seperti jumlah, jenis dan komposisi lempeng
pembentuk kerak bumi dan dinamika lempeng.
o Sayatan/struktur dalam bumi, komposisi bumi.
o Batuan beku dan metamorf seperti granit, riolit, basalt, andesit, gabro,
sekis, genes, marmer, kuarsit, dll, beserta struktur dan teksturnya
seperti lineasi, foliasi, skoria, pegmatit, porfiri, dll.
o Mineral hasil proses pembekuan magma dan metamorfisme seperti
kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, muskovit, garnet, dll.
o Tubuh batuan beku seperti lava, korok (dike, sill), dll.
o Pembentukan batuan beku dan metamorf dalam konteks tektonik
lempeng
o Batuan sedimen seperti batupasir, batulempung, batugamping,
batukapur, batudolomit, batugaram, dll, beserta struktur dan teksturnya
seperti perlapisan, gradded bedding, silang siur, ripple marks, dll.
o Mineral hasil proses sedimentasi seperti kalsit, lempung, halit, gipsum,
pirit, dll.
o Pembentukan batuan sedimen dalam konteks tektonik lempeng.
o Siklus batuan dalam konsep tektonik lempeng.
o Komposisi tanah secara umum.
o Stuktur geologi seperti lipatan, sesar (patahan), kekar dan proses
pembentukannya.
o Bentukan morfologi permukaan bumi dan proses pembentukannya.
o Fosil dan proses pemfosilan
o Sejarah bumi seperti teori-teori pembentukan tata surya (bumi),
munculnya kehidupan.
o Sumberdaya mineral dan energi seperti emas, perak, batubara, minyak
dan gas bumi, dll.
o Bencana geologi seperti gempa bumi, letusan gunung api, tsunami,
tanah longsor, dll.
– Meteorologi-Klimatologi (Atmosfer)
o Temperatur, tekanan, kelembaban
o Struktur vertikal atmosfer (troposfer, stratosfer, dll)
o Terjadinya, arah dan jenis angin
o Jenis dan komposisi massa udara
Hal. 6 dari 9
o Terjadinya dan jenis awan dan hujan
o Tephigram
o Pembentukan cuaca dan iklim
o Iklim Bumi dan perubahan iklim global
o Bencana meteorologi/klimatologi seperti, badai tropis, siklon, el nino, la
nina, kekeringan, dll.
o Observasi dan instrumen meteorologi
– Astronomi (Sistem Planet)
o Teori-teori pembentukan tata surya
o Problem dua benda dan orbit benda langit
o Kategori planet
o Besar, massa dan kerapatan planet
o Gerak dan bola langit
o Ekliptika
o Sistem koordinat lintang-bujur, horizon dan asensiorekta-deklinasi
o Waktu/hari matahari dan sideris
o Gaya pasang-surut
o Pengaruh matahari pada cuaca dan kehidupan
– Geohidrologi dan Oseanografi (Hidrosfer)
o Penyebaran dan sirkulasi air di bumi
o Pembentukan dan jenis mata air dan sungai
o Pembentukan dan karakteristik reservoir (akuifer, akuitar, akuiklud, dll)
o Pembentukan laut/samudera
o Lingkungan/morfologi pesisir/pantai
o Morfologi dasar laut/samudera
o Komposisi dan Sirkulasi Air Laut

hemm, btw, ko pada semangat ikut c ??
kan susah, trus emang itu tingkat apaan c lomba’a ??
duwh, hanya itu yang bisa gue sarankan, dan lebii baik, lw minta soal-soal latian deh dari guru pembimbing lo. soal geografi pra UN anak klas 3 juga bolee, poko’a latian soal yang banyak. tapi gue sampe skrg belon pernah latian soal. hha .

o, iya, banyak baca buku soal astronomi !
mantabh . .
good luck yyo buat yg bakal ikutan olimpiade !!
semoga berhasiiilll !!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s