liburan lalu .

aaaahhhh, hri ini hri pertama masuk skull stelah kemaren gue libur seminggu. sebenernya gue males banget masuk skulla, soalnya gue kira bakalan upacara. eeeehhh . . ternyata kita gak upacara, soalnya sekarang kan akhir bulan, dan akhir bulan ntu kita cuma dapet wejangan dari walikelas. hhe .

tadi kelas gue presentasi kelompok bahasa jepang. kelompok gue dapet giliran maju ke 3. hem, gue dah berat-berat bawa laptop, eeeehhh . . laptop gue gak nyambung ma infocusnya. huhh ! tau gitu gw gak bawa laptop dah ! hho.

gara-gara tuh laptop, gue capek banget bawanya ! soalnya pas pulang gue harus bawa tuh laptop melalui sebuah rintangan yang amat sangat berat (baca : tanjakkan jalan gede). gue kan pengguna angkot yang setiaaa, jadi gue harus rela berkorban jalan merintangi rintangan seberat itu untuk bisa menggunakan kendaraan untuk khalayak ramai tersebut. hha .

tadi tuh bahan presentasi bahasa japang dikerjain sama dio. sebenernya sih kita udah 2 kali kerja kelompok di rumah upi, tapi hasilnya gak maksimal sama sekali. dari 3 jam kerja kelompok, waktu buat mengerjakan tugas cuma 30 menit. BAYANGKAN !!! hhe .

kerja kelompok pertama ntu hari sabtu tanggal 18 (kalo gak salah yyaa . . gue lupa soalnya . hhe ), si dio lupa bawa planningnya. jadi kita gak bisa kerja deh. di rumah upi kita cuma browsing gambar-gambar doang (FYI, di kemudian hari ternyata gambar-gambar yang telah dibrowse ntu tidak berguna. USELESS !). abis ntu kita makan, karena perut kita pun sudah menuntut untuk diisi. like usual kita bikin makanan favorit anak muda jaman sekarang yang ditinggal sendiri di rumah (baca : mie). setelah dirasa cukup kenyang dan bisa berfikir normal kembali seperti sediakala, kita maen kartu. untuk pemanasan kita maen tepok nyamuk. yang maennya nepok-nepok doang . . nah, si billi boi kalah tuhh . . jadi dia harus dijepi rambutnya make jepitan jemuran. abis ntu permainan ditingkatkan ke yang lebih serius yaitu 4-1, dan kartu setan. permainan ini memakan waktu cukup lama ternyata. dan akhirnya yang mendapat jepitan jemuran paling banyak adalah billi !! dia menjadi juara pertama dengan 4 jepitan dirambutnya. hhe .

they are the winner, or looser ??
they are the winner, or looser ??

masih dalam rangka mengisi waktu libur panjang, gue dan temen_temen SMp gue jalan ke margo. tepatnya sih tanggal 23 april 2009. kita jalan sekalian reunian. yang dimaksud kita adal;ah gue, muthe, wangi, dan resha. kita kemargo cuma karaokean, makan, sama beli buku. hhe .
kangen banget gue ma mereka, soalnya dah lama banget kita gak ketemuan. sekolah kita beda-beda. gue sekolah di SMAN 2 depok, muthe di Suluh pasar minggu, wangi di SMAN 1 depok, trus resha skulla di SMAN 5 depok. sebenernya sih intinya kita cuma pengen reunian trus ngobrol-ngobrol ajja. seru juga ternyata ! hhe

pas lagi karaokean di margo, kita pada haus semua. tapi minum di tempat karaokeannya mahal. jadi gue ma muthe beli minum di luar. dan ternyata, eh, ternyata (kata raesha) kalo bawa makanan or minuman dari luar ntu denda. wah, alhasil kita minum ama ngemilnya ngumpet-ngumpet. soalnya mas-masnya sama mbak-mbaknya suka pada mondar-mandir. hhe .

setelah makan di soalria dan beli buku di toko buku, si raesha pulang duluan, soalnya dia bawa motor dan udah mau ujan. gue, muthe, sama wangi belon pulang, soalnya wangi masih nunggu di jemput, dan muthe mau k’tempat les, dan bagaimana dengan gue ?? kenapa gue pulangnya ikutan mute ?? ooowwwhh . . ternyata gue nungguin temen gue yang 1 tempat les sama muthe, tapi beda jam. pas muthe masuk, temen gue pulang. dan sambil menunggu wangi di jemput, si wangi beliin bokapnya hadiah ulang tahun. gue ma muthe bantuin si wangi nyari kado buat bokapnya, tadinya pengen beliin korek, eh tapi gak jadi, jadinya di beliin asbak hhe .

gak ada pas foto rame-rame, adanya cuma poto raesha ma muthe .
gak ada pas foto rame-rame, adanya cuma poto raesha ma muthe .

dan detik-detik menjelang masuk sekolah, kita kerja kelompok lagi di rumah upi, tepatnya hari minggu tanggal 26 april 2009. kan kerja kelompok jam 9, rencananya sih gue mau berangkat jam 8, soalnya rumah gue lumayan jauh dari rumah upi, melewati stasiun dan terminal juga ITC depok (ya iya lah ! orang stasiun, terminal, ma ITC deketan. hhe ). tapi ternyata jam setengah sembilan gue masih manteng di depan tipi nonton shinchan. hha .

nyampe di rumah upi ternyata udah ada dio. dan ternyata tugasnya udah selesai! dio itu emang temen gue yang paling rajin! dia ngerjain that task by himself. great! di sono kita cuma ngedit-ngedit doang, trus sama ngomongin pembagian kerja. hhe .

abis ngerjain tugas kita makan, kita makan mke omellet. yang bikin gue sama dio loh ! hhe . . akhirnya gue bisa masak juga . .
abis makan, kita gak maen kartu, tapi kita nonoton film yang judulnya urban legend . . anjrott bgt tu film ! gak berani gue nontonnya. urban legend tu film horror ! gue mana berani nonton film horror. huhh .

pas nonton film horror ntu kita di lantai atas tanpa pengawasan orang tua. dan pas nonton tu film horror geblek, di luar turun hujan dengan derasnya, efek suara hujan dan petir yang ditimbulkan menambah seram suasana. anjrott !
dan gue cuma bisa menutup mata. hhe .

akhirnya waktu pun beranjak sore, dan gue harus pulang. keesokan harinya ternyata gue masih terbawa suasana liburan, gue bangun jam setengah 6, padahal gue harus berangkat jam 6 !
untung gak terlambat . . hhe .

dan yang paling menyenangkan dari hari ini adalah kerja kears kita (baca : dio) untuk presentasi bahasa jepang gak sia-sia. kata sensei kelompok kita paling bagus presentasinya ! hhe ^_^

Advertisements

hitam putih fesbuk .

well, sekarang gue mw ngomongin tentang facebook. anak muda jaman sekarang siapa sih yang gak tau facebook ?? facebook udah merajalela dimana-mana. hampir semua orang punya fesbuk. kayaknya tuh kalo gak punya fesbuk gak gaul. fesbuk ntu kayak satu gadget yang harus dipunyai kaum muda (jaiiilaaaahhh .)

di fesbuk kita bisa punya banyak banget temen dari mana-mana. bahkan kita bisa punya punya temen beda negara. asik sih punya fesbuk, bisa up to date. hhe .
bisa tuker-tukeran kabar, poto, musik, bahkan video .
(eh, musik bisa gak yye ?? gak tau gue . hha )

difesbuk kita juga bisa nemuin tman lama kita, kaya temen SD and tmen SMP. bisa melepas penat juga, soalnya bisa chatting ma temen-temen. bisa ngegosipin orang tanpa ketauan orangnya. hha .

sekarang banyak banget fesbuk holic. tiap hari pasti ol fesbuk. gak peduli waktu, mau siang ato malem. fesbuk udah menjadi bagian dari gaya hidup kaum muda. (jiailah bahasa gue!)
sesuatu yang wajib dipunyai sama semua orang, khususnya ya kaum muda tadi.

tapi dibalik semua keunggulannya, fesbuk tetep punya sisi gak enaknya (seenggaknya menurut gue). difesbuk tuh sedikit bgt privasi yang bisa kita dapet. semua yang dilakukan sma temen kita, pasti kita tau. soalnya semuanya ada di home. nah, itu yang gue gak suka dari fesbuk. gue tau semua yang dilakukan sama temen-temen gue. gue tau the latest information from my pals, termasuk orang yang gue suka. gue tau semua kegiatan dia ma cwe’a. gue tau dia lagi deket ma sapa ajja. gue tau semuanya tenang dia !

itu yang gak gue suka. gue jadi jealous pan jadinya. gu gak mau tau gebetan gue jalan ma sapa kalo malem minggu, ngobrolin apa ajja ma cwe yang deket madia, de el el !
gue dipaksa ngeliat poto-poto mereka di homepage gue. huff .
emang c bukan salah fesbuk juga. salah gue ngapa juga oL mulu. hhe .

tapikan gue mau chatting juga ma gebetan gue ! hhe .
serbasalah jadinya gue .
hho .

penantian

by : subagio sastrowardoyo

di dalam gelap kamar aku tak bisa melihat jam dinding menunjuk pukul berapa .
yang kutangkap hanya bunyi tik-tik yang tidak memberi kepastian masih berapa lama akan pagi.
aku menanti bersama buku-buku dimeja dan baju kumuh yang bergantung di lemari.

hujan yang menimpa di atap mengisi kekosongan dan menjadi berarti.
penantian mendambakan kejadian dan nyawa berteriak : “terjadilah sesuatu!”
kilat yang tiba-tiba menyambar memberi kebahagiaan yang sejuk tak menentu.

menanti adalah tugas mulia yang dilakukan kalijaga di tepi sungai sampai urat akar membelit jasadnya .
kenikmatan terdapat dalam hilangnya kenangan sejarah dan harapan hari nanti.
keabadian mengental pada detik ini, yang tidak mungkin dipegang kecuali kalu penantian berhenti.

makhluk yang dikasihi tuhan adalah batu.
ia tak pernah merasa resah, karena membiarkan peristiwa berlalu.
baginya tidak ada penantian.
awal dan akhir zaman dialami dengan siakp tak peduli.
begitu juga tak ada benci atau cinta yang menggoda ketenangan diri.
ia diam dalam sakit, waktu bumi hancur sampai sekecil atomnya.

ah, ada yang ingin jadi batu kalau kehidupan dimulai lagi ?

olimpiade II

hemm, dikarenakan postingan gue yang terdahulu yang berjudul olimpiade . olempiade sering dibaca oleh beberapa teman yang pengen mengetahui ttg soal olimpiade kebumian, dan d’situ g da informasi apa”, makanya sekarang guw ngepost postingan yang bakal berisi sedikit informasi ttg tu olimpiade.

well, olimpiade itu (kalo g salah) bakal d’laksanakan bulan april ini, tapi gue gak tau tanggalnya. hemm, dikarenakan gue mengikuti dengan tidak sepenuh hati, gue gak tau soalnya kaya gmn, tapi yang jelas, susah !
hha .

mau tau kisi-kisinya ?? cari aja d’blognya sidik .

nih, tabel kisi” soal olimpiade kebumian .
Isi Materi IESO
Materi tes tertulis:
– Geologi -Geofisika (Geosfer)
o Konsep tektonik lempeng seperti jumlah, jenis dan komposisi lempeng
pembentuk kerak bumi dan dinamika lempeng.
o Sayatan/struktur dalam bumi, komposisi bumi.
o Batuan beku dan metamorf seperti granit, riolit, basalt, andesit, gabro,
sekis, genes, marmer, kuarsit, dll, beserta struktur dan teksturnya
seperti lineasi, foliasi, skoria, pegmatit, porfiri, dll.
o Mineral hasil proses pembekuan magma dan metamorfisme seperti
kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, muskovit, garnet, dll.
o Tubuh batuan beku seperti lava, korok (dike, sill), dll.
o Pembentukan batuan beku dan metamorf dalam konteks tektonik
lempeng
o Batuan sedimen seperti batupasir, batulempung, batugamping,
batukapur, batudolomit, batugaram, dll, beserta struktur dan teksturnya
seperti perlapisan, gradded bedding, silang siur, ripple marks, dll.
o Mineral hasil proses sedimentasi seperti kalsit, lempung, halit, gipsum,
pirit, dll.
o Pembentukan batuan sedimen dalam konteks tektonik lempeng.
o Siklus batuan dalam konsep tektonik lempeng.
o Komposisi tanah secara umum.
o Stuktur geologi seperti lipatan, sesar (patahan), kekar dan proses
pembentukannya.
o Bentukan morfologi permukaan bumi dan proses pembentukannya.
o Fosil dan proses pemfosilan
o Sejarah bumi seperti teori-teori pembentukan tata surya (bumi),
munculnya kehidupan.
o Sumberdaya mineral dan energi seperti emas, perak, batubara, minyak
dan gas bumi, dll.
o Bencana geologi seperti gempa bumi, letusan gunung api, tsunami,
tanah longsor, dll.
– Meteorologi-Klimatologi (Atmosfer)
o Temperatur, tekanan, kelembaban
o Struktur vertikal atmosfer (troposfer, stratosfer, dll)
o Terjadinya, arah dan jenis angin
o Jenis dan komposisi massa udara
Hal. 6 dari 9
o Terjadinya dan jenis awan dan hujan
o Tephigram
o Pembentukan cuaca dan iklim
o Iklim Bumi dan perubahan iklim global
o Bencana meteorologi/klimatologi seperti, badai tropis, siklon, el nino, la
nina, kekeringan, dll.
o Observasi dan instrumen meteorologi
– Astronomi (Sistem Planet)
o Teori-teori pembentukan tata surya
o Problem dua benda dan orbit benda langit
o Kategori planet
o Besar, massa dan kerapatan planet
o Gerak dan bola langit
o Ekliptika
o Sistem koordinat lintang-bujur, horizon dan asensiorekta-deklinasi
o Waktu/hari matahari dan sideris
o Gaya pasang-surut
o Pengaruh matahari pada cuaca dan kehidupan
– Geohidrologi dan Oseanografi (Hidrosfer)
o Penyebaran dan sirkulasi air di bumi
o Pembentukan dan jenis mata air dan sungai
o Pembentukan dan karakteristik reservoir (akuifer, akuitar, akuiklud, dll)
o Pembentukan laut/samudera
o Lingkungan/morfologi pesisir/pantai
o Morfologi dasar laut/samudera
o Komposisi dan Sirkulasi Air Laut

hemm, btw, ko pada semangat ikut c ??
kan susah, trus emang itu tingkat apaan c lomba’a ??
duwh, hanya itu yang bisa gue sarankan, dan lebii baik, lw minta soal-soal latian deh dari guru pembimbing lo. soal geografi pra UN anak klas 3 juga bolee, poko’a latian soal yang banyak. tapi gue sampe skrg belon pernah latian soal. hha .

o, iya, banyak baca buku soal astronomi !
mantabh . .
good luck yyo buat yg bakal ikutan olimpiade !!
semoga berhasiiilll !!!

gue dan masalah gue .

humpff . .
gue sebel banget belakangan ini, habisnya gue didera penyakit mulu !
2 hari yang lalu perut gue sakit di sebelah kiri, terus nyokap nyuruh gue minum enzim, tapi gue gak mau ! gue takut dia salah obat, ntar yang ada malah perut gue tambah gak karuan.
akhirnya besokannya gue kedokter . eh, ternyata nyokap gue bener ! tu dokter ngasii gue enzim. dan ternyata penyakit gue bertambah, bukan cuma perut gue yang sakit, tapi juga kepala ma idung gue . idung gue mampet, kepala gue pusing. mungkin kepala gue pusing karena otak gue mampet x yya ??
hha .

bukan cuma itu doang yang bikin gue sebel !
nilai-nilai mid semester gue juga turun !!
huff .
yya, emang c gue mengaku bahwa nilai jelek itu guw dapet gara-gara otak gue juga jelek ! hha .
udah tau ngerjainnya pake LJK, eh, gue malah gak pake tatakan.
maka, seperti kita semua ketahui, jawaban gue gak kescan !! huhh .
nilai sejarah gue cuma 6, padahal target guw 9 !
soalnya gampang bgt !!
itu kan memalukan !! apa jangan-jangan bukan gak kescan, tapi emang guenya aja yang gak cukup pintar mengerjakan soal gampang macam itu !
hha ^_^

itu hanya segelintir permasalah gue .
selain maslah kesehatan dan akademik, gue juga bermasalah di masalh keuangan !
padahal gue anak sosial, belajar tentang ekonomi dan akuntansi, tapi keuangan gue gak pernah surplus !! jangankan surplus, balance ajj kagak ! selau aja defisit !
padahal kalo diliat sih uang jajan gue perhari gak bisa dikatakan kurang .
tapi gue gak bisa ngontrol pengeluaran gue !
tau-tau ajj uang’a abis .
tu uang gak gue belanjain buat girly things ko ! tapi hampir semua uang gue dibelanjakan untuk membeli snack, makanan, dan minuman . pokok’a uang gue kebanyakan abis buat keperluan pangan dah !
hha .

sepertinya hidup gue penuh dengan masalah yya ?? dan semua masalah itu dsebabkan oleh ke-kurang pintar-an gue ! hho .
tapi gue menyadari dengan sepenuh hati bahwa hidup gue itu indah ! walaupun otak gue cuma pas-pasan . hhe .
gue punya keluarga yang bener-bener ngasih gue motivasi buat gue ngeraih mimpi-mimpi gue .
gue punya sahabat yang bisa selalu ada buat gue. yang bisa ngebuat hidup gue jadi lebih bermakna .
gue juga punya temen-temen yang superb bgt ! yang bisa ngisi hari-hari gue dengan tawa !
gue punya guru-guru yang fantastic ! yang bisa memacu adrenalin gue dalam belajar ! hahaha .

yang jelas, mau gimanapun jalan hidup gue, i really-really thankful to God Almighty for his blessing for me .
hha .

gue dan kebiasaan” gue !

hemm, masa’ sekarang gue punya kebiasaan aneh !
guw suka banget tidur sore mpe pagi ! hhe .
jadi guw biasa’a tidur jam stgh 6 mpe jam 4 pagi .
ckckckck, guw jadi lupa belajar dan lupa makan malam ! hha

gue sih sebenernya fine fine ajj sma kebiasaan baru guw yang nikmat itu. tapi ortu gue melarang ue untuk melakukannya ! TIDAKKK !!! gue lagi tidur nyenyak, tiba-tiba dibangunin ! di suru ini itu lah . ckckck, ayah, ibu, apakah kalian tidak bisa melihat anak kalian tenang barang lama ?! hha .

nyokap gue bilang sih tidur kelamaan gak baik buat gue. soalnya gue jarang bgt olahraga dan gak ada ‘geraknya’ sama sekali. katanya rutinitas gue itu menyebabkan metabolisme gue gak bagus, dan blah . blah . blah lainnya . hhe .

nah, kalo bokap gue bilangnya, tidur sore-sore ntu gak baik buat gue karena pas sore-sore itulah kita sekeluarga bisa ngumpul bareng. bokap pengennya sih pas dia pulang kerja kita bisa ngobrol-ngobrol and share each other. yyaaa, guw juga ngerasa sih gue pengen ngobrol-ngobrol ma keluarga gue, tapi apa daya gue mengantuk berat ?! hhe .

hemm, selain kebiasaan tidur gue, ortu gue juga mengkritik kebiasaan ngemil gue yang berlebihan ! huhh, padahal ngemil kan hobi gue. hhe .
sekarang cemilan dirumah gue ditiadakan ! semua cemilan kegemeran saya dirubah dengan buah ! whooaaah, tiap gue pengen ngemil pasti disuruh makan buah or bikin salad ! ckckckck, merepotkan. hhe .
selain cemilan gue yang dirubah, menu makanan juga dirubah ! sekarang nyokap seriiiing bgt masak sayur. katanya semua itu demi kebaikan gue, kesehatan gue dimasa depan, blah . blah . blah . hhe .

yyyaaa, sekarang gue hidup lebihh sehat dari biasanya. tapi juga lebih membosankan. hha .